RSS

Hasil Observasi

Dari data yang diperoleh dilapangan maka dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Gambaran ringkas tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri 29 Bandung.

Identitas Sekolah

  1. Nama Sekolah                       : SMP NEGERI 29 BANDUNG
  2. No.Statistik Sekolah             : 21.1.02.60.01.003
  3. Tipe Sekolah                         : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
  4. Alamat Sekolah                    : Jalan Geger Arum No.11 A
  5. E-mail Sekolah                      : smpn29@yahoo.com
  6. Kecamatan                            : Suka Sari
  7. Kota                                      : Bandung
  8. Provinsi                                 : Jawa Barat
  9. Telp/hp/fax                            : 022-2012579
  10.  Status Sekolah                     : Negeri
  11. Nilai  Akreditasi Sekolah      : A

Visi dan Misi SMP Negeri 29 Bandung

  1. VISI: “BERSAHAJA” (Berilmu,Santun, Handal di jalan Allah)

Indikator:

  • Warga sekolah memiliki semangat berprestasi dan pembahasan sesuai karakteristik managament sekolah.
  • Perolehan nilai akademis dan prestasi non akademis siswa meningkat dari tahun ketahun.
  • Lingkungan sekolah kondusif sebagai lingkungan komunitas pembelajaran.
  • Warga sekolah berprilaku sesuai nilai-nilai keimanan yang berlaku.
  • Kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap sekolah.
  1. MISI

indikator:

  • Seluruh warga sekolah memiliki disiplin dalam melaksanakan tugasnya.
  • Pelaksanaan proses pembelajaran yang kreatif dan inofatif yang baru.
  • Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai bagi minat dan bakat siswa.
  • Pelaksanaan nuansa budaya islami bagi seluruh warga sekolah.
  • Lingkungan sekolah memperlihatkan sebagai lingkungan pembelajaran.
  1. TUJUAN SEKOLAH

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan  dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut .Sedangkan secara khusus, sesuai dengan visi dan misi sekolah, sekolah mengantarkan  peserta didik untuk:

1)      Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning), antara lain CTL, PAKEM, serta layanan bimbingan dan konseling.

2)      Melestarikan budaya daerah melalui MULOK bahasa daerah dengan.

3)       Menjadikan 85% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian    lingkungan hidup di sekitarnya.

4)      Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan  Pramuka.

5)       Meraih kejuaraan dalam cabang olah raga yang diikuti.

6)      Memiliki jiwa toleransi antar umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

  1. Kelompok mata pelajaran

Peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

a)      kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia

b)      kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

c)      kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi

d)     kelompok mata pelajaran estetika

e)      kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel 1.

Tabel 1. cakupan kelompok mata pelajaran

No.

Kelompok mata pelajaran

Cakupan

1.

Agama dan akhlak mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.

Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak azasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.

3.

Ilmu pengetahuan dan teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada smpdimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dean teknologi serta membudayakan berfikirv ilmiah secara kritis, kretif dan mandiri

4.

Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

4.

Jasmani, olahraga dan kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportifitas dan kebudayaan hidup sehat.Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang individual ataupun yang kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
  1. Muatan Kurikulum

struktur kurikulum SMP Negeri 29 Bandung disajikan pada tabel berikut.

Tabel 2. Mata Pelajaran

Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
  1. Mata PelajaranPendidikan Agama
2 2 2
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
2 2 2
  1. Bahasa Indonesia
4 4 4
  1. Bahasa Inggris
4 4 4
  1. Matematika
4 4 4
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
4 4 4
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
4 4 4
  1. Seni Budaya
2 2 2
  1. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan kesehatan
2 2 2
  1. keterampilan/Teknologi informasi dan telekomunikasi
2 2 2
  1. Muatan Lokal
  1. Bahasa Sunda
2 2 2
  1. Pendidikan Lingkungan Hidup
2 2 2
  1. Pengembangan Diri
*) *) *)
      Jumlah 34 34 34
  1. Muatan  lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dari potensi daerah, termasuk keunggulan daerah yang materinya terdiri dari Bahasa Sunda dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Kegiatan Ekstra Kurikuler SMP Negeri 29 Bandung

  1. Kegiatan Ekstra Kurikuler SMP Negeri 29 Bandung Tahun Pelajaran 2011-2012 meliputi beberapa jenis kegiatan sebagai berikut:

Tabel 3. Jenis Kegiatan ekstra kurikuler

No.

Jenis Kegiatan

Keterangan

1. Sepak Bola
2. Pencak Silat
3. PMR
4. Pramuka
5. Drama dan Teater
6. Rohis
7. Sains Club
8. Matematika Club
9. English Club
10. Seni Tari
11. Seni Musik
12. Seni Karawitan
13. Seni Modern
14. Seni Suara
  1. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler

Pelaksanaan Kegiatan EkstraKurikuler dapat dikelompokkan menjadi dua hal sebagai berikut:

1)      Kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat rutin, spontan dan keteladanan dilaksanakan secara langsung oleh guru, konselor, dan tenaga kependidikan di sekolah/madrasah.

2)      Kegiatan Eksrtakurikuler yang terprogram dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat dan pelaksanaan sebagaimana telah direncanakan.

  1. Penilaian Kegiatan Ekstrakurikuler

Hasil dan proses kegiatan ekstrakurikuler dinilai secara kualitatif (A-B-C-D-E) dan dilaporkan kepada pimpinan sekolah/madrasah dan pemangku kepentingan lainnya oleh penanggung jawab kegiatan.

Ketentuan nilai kualitatif lebih jelasnya sebagai berikut:

Tabel 4. Penilaian kegiatan eksrta kurikuler

Penilaian

Keterangan

A Baik sekali
B Baik
C Cukup
D Kurang
E Kurang sekali

Pramuka Bertujuan:

1)      Melatih peserta didik untuk terampil dan mandiri

2)      Melatih peserta didik untuk mempertahankan hidup secara mandiri

3)      Sebagai wahana peserta didik untuk berlatih, berorganisasi dan kepemimpinan

4)      Memiliki sikap kerjasama kelompok

5)      Memiliki jiwa sosial dan peduli kepada orang lain

6)      Dapat menyelesaikan permasalahannya dengan tepat

Pendidikan kecakapan hidup / life skill

Program pendidikan kecakapan hidup di SMP Negeri 29 Bandung dikembangkan sebagai berikut:

  1. Kurikulum SMP Negeri 29 mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup pada semua mata pelajaran yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan / atau kecakapan vokasional.
  2. Pembekalan pendidikan kecakapan hidup bagi sebagian siswa yang tidak akan melanjutkan ke perguruan tinggi sedang dirintis dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang kompeten
  3. Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan / atau dari satuan pendidikan formal lain dan / atau non-formal.

Ketuntasan belajar

  1. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran

Tabel 5. Ketuntasan Belajar

No.

Mata Pelajaran

Kelas

VI

VII

IX

1. Pendidikan Agama 72 73 75
2. Pendidikan Kewarganegaraan 70 75 77
3. Bahasa Indonesia 70 72 75
4. Bahasa Inggris 70 70 70
5. Matematika 70 70 70
6. Ilmu Pengetahuan Alam 71 72 73
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 70 72 73
8. Seni Budaya 75 75 75
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 72 74 76
10. Keterampilan/Teknoogi Komunikasi dan Informasi 75 75 75
11. Muatan Lokal1)      Bahasa Sunda 75 75 75
2)      Pendidikan Lingkungan Hidup 75 76 76
  1. Kriteria Kenaikan Kelas

Kriteria kenaikan kelas bagi peserta didik kelas VII dan VIII

Peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 29 Kota Bandung dinyatakan naik kelas, apabila memenuhi semua kriteria sebagai berikut:

  1. Berkelakuan baik sesuai dengan norma penilaian sekolah
  2. Kehadiran untuk semester dua minimal 80%
  3. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir oleh satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, jasmani olahraga dan kesehatan, dengan berpedoman pada rentang nilai sebagai berikut:

91-100 predikat sangat baik

75-90 predikat baik

60-74 predikat cukup

40-59 predikat kurang

<40 predikat kurang sekali

  1. Nilai untuk seluruh mata pelajaran telah mencapai nilai KKM sebelum berakhir tahun pelajaran.
  1. Kriteria kelulusan bagi peserta didik

Kriteria kelulusan bagi peserta didik kelas IX

Peserta didik kelas IX dinyatakan lulus dari SMP Negeri 29 Kota Bandung apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Telah menempuh seluruh program dibuktikan dengan kelengkapan nilai raport semester 1 sampai dengan semester 6
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir oleh satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, estetika, jasmani olahraga dan kesehatan, dengan berpedoman pada rentang nilai sebagai berikut:

91-100 predikat sangat baik

75-90 predikat baik

60-74 predikat cukup

40-59 predikat kurang

<40 predikat kurang sekali

  1. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan nilai sekolah yang diperoleh dari gabungan antara nilai ujian sekolah dan nilai rata-rata raport semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai ujian sekolah dan 40% untuk nilai rata-rata raport dengan nilai serendah-rendahnya 7
  2. Lulus ujian nasional yang ditentukan dengan nilai akhir yang diperoleh dari gabungan antara nilai sekolah dari mata pelajaran yang di uji Nasionalkan dan nilai ujian nasional dengan pembobotan 40% nilai sekolah dan 60% untuk nilai ujian nasional dengan nilai rata-rata dari semua nilai akhir 5,50.
  3. Kegiatan tatap muka

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berup proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran berlangsung selama 40 menit alokasi waktu belajar secara keseluruhan dapat dilihat dalam tabel berikut :

Tabel 6. Alokasi waktu belajar

Kelas Satu jam pembelajaran tatap muka/menit Jumlah jam pembelajaran perminggu Minggu efektifPertahun ajaran Waktu pembelajaran /jam per tahun
VII 40 38 34 – 38 1224 – 1368
VIII 40 38 34 – 38 1224 – 1368
IX 40 38 34 – 36 1224 – 1296

Kalender pendidikan

  1. Kalender pendidikan akademis

Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan.

Minggu efektif belajar adalah jumlah pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.

Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Tabel 7. Alokasi waktu pada kalender pendidikan

No. Kegiatan Alokasi Waktu Keterangan
1. Minggu Efektif Belajar Minimum 34 minggu Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif pada setiap satuan pendidikan
2. Jeda Tengah Semester Maksimum 2 minggu Satu minggu setiap semester
3. Jeda Antar Semester Maksimum 2 minggu Antara semester I dan II
4. Libur Akhir Tahun Pelajaran Maksimum 3 minggu Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun pelajaran
5. Hari Libur Keagamaan 2-4 minggu Daerah khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengaturnya sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
6. Hari Libur Umum/ Nasional Maksimum 2 minggu Disesuaikan dengan peraturan pemerintah
7. Hari Libur Khusus Maksimum 1 minggu Untuk satuan pendidikan dengan ciri kekhususan masing-masing
8. Kegiatan Khusus Sekolah/madrasah Maksimum 3 minggu digunakan untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah atau madrasah tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
 

One response to “Hasil Observasi

  1. lopen01sosiologi

    Desember 31, 2011 at 8:32 am

    BINGUNG MULAI DARIMNA INI.. HADEUUU

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: